Kamis, 06 Agustus 2009

Procedural Text

Hari ini saya mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 11 SMA N 1 Rambang Kuang, Ogan Ilir, sumatra selatan. topik hari ini adalah Procedural Text.
hari ini seharusnya mengajar tentang Hortatory Exposition. tapi sewaktu brainstorming, saya sedikit mengulang apa yang mereka ketahui tentang texts (genre). Alasan saya bertanya karna ini adalah kali pertama saya mengajar di SMA N 1 Rambang Kuang jadi saya tidak tahu pengetahuan murid2 ttg B.Inggris sudah sejauh mana.
namun sayang, ketika saya tanya banyak murid2 yang belum begitu paham dengan Texts (genre). bahkan murid kelas 11 yang seharusnya sudah mempelajari ProceduralText di kelas 9 dan kelas 10 juga tidak tahu apa itu procedural text.
jadi saya memutuskan hari ini saya akan mengajarkan tentang proedural text.

"does anyone know what pocedural text is?" tanya saya, "ada yang tahu Teks Prosedur?"
tak ada satupun murid yang tahu.
saya mulai menjelaskan:
"Procedural text is a text which functions to describe how to make, run or operate something."
lalu saya melanjutkan, "adapun susunan teksnya atau Generic Structurenya adalah: GOAL,STEPS dan MATERIALS".
"adapun biasanya banyak menggunakan Imperative Sentence atau Kalimat Perintah yang dimulai dengan VERB1 tanpa didahului Subject, Dengan demikian tense yang digunakan adalah SIMPLE PRESENT TENSE." Lanjut saya, "Selain itu! biasanya kata2 yang sering di pakai adalah kata keterangan urutan waktu seperti, First, Second, After that, Then, Finally, etc.
sejenak saya memperhatikan papan tulis, lalu kemudian berkata: "Paham?"
murid2 hanya diam saja.
saya mengerti bahwa apabila murid diam berarti mereka tidak mengerti apa yang saya jelaskan.
pada jam pertama tadi ternyata saya terlalu asik berceramah tentang procedural text di depan kelas 11 SMA N 1 Rambang Kuang sehingga saya melupakan langlah2 apa yang seharusnya saya lakukan ketika mengajar.
bel jam kedua berdentang.
saya mulai mengajar tentang Procedural text lagi tapi kali ini dengan metode yang berbeda.
"Aulia" panggil saya, "bisakah kamu beritahu saya bagaimana cara kamu membuat segelas kopi?"
"bisa pak", jawab Aulia dengan yakin.
lalu Ia mulai bercerita dengan semangat langkah-langkah membuat kopi.
setelah Aulia selesai, saya meminta Chandra, Jefri, Nurma dan juga Lingga Wati untuk memberitahu saya bagaimana car mengganti oli motor, membuat pempek, menghidpkan komputer, dll.
selesai bercerita lalu saya kembali menjelaskan tentang procedural text sebagaimana saya jelaskan di jam pertama.
yang beda kali ini adalah ketika saya bertanya "paham?"
serentak mereka menjawab, "ooooo... itu. kalo teks pecak itu kami jugo tau pak e (oooo kalau teks seperti itu yang dimaksud dengan procedural teks pasti kami juga tahu!)
habis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar