Jumat, 07 Agustus 2009

Memilih Kursus Bahasa Inggris!

setiap kali saya berkenalan dengan seseorang, mereka pasti bertanya saya kuliah dimana, jurusan apa, dll. saya jawab kalo saya kuliah di Universitas Jambi jurusan pendidikan Bahasa Inggris. namun biasanya jawaban ini akan direspon dengan pertanyaan baru. biasanya mereka akan berkata seperti ini:

"kemampuan Bahasa Inggris saya tidak terlalu baik, Kira2 dimana yah tempat kursus yang bagus?"

setiap kali mendapat pertanyaan ini saya pasti binggung untuk menjawab. sebab saya pikir setiap kursus pada dasarnya bagus semua dan tidak ada yang jelek bahkan kursus2 emperan jalan pun saya kira cukup bagus.

namun, dari semua itu tentu ada cara2 memilih sebuah kursus Bahasa Inggris. berikut saya ceritakan cara2nya:

1. Ketahui apa kebutuhan anda dalam menggunakan Bahasa inggris.
Hal inilah yang harus pertama kali dilakukan, sebab setiap kursus biasanya memiliki satu bidang keahlian. apakah itu di bidang conversation, Grammar atau keduanya. sebagai contoh: seseorang yang ingin menjadi seorang guide maka akan lebih baik jika di a mengambil kursus yang fokus pada percakapan. beda halnya dengan seseorang yang ingin lulus TOEFL atau Test lainnya, maka ia disarankan untuk mengambil kursus yang fokus pada tata bahasa. namun jika yang ingin kursus adalah anak-anak usia sekolah dasar sampai SMP maka ia tidak perlu binggung sebab setiap kursus jenis apa saja manfaatnya tetap sama. untuk dikota palembang ada beberapa kursus yang bisa saya sebutkan bagus untuk bidang masing-masing. Yaitu:
- Shailendra Institution Palembang (sangat berpengalaman di bidang Grammar dan Syntax
- Global English Language Center (Bagus dengan Komunitas Conversation)
- LIA Palembang (seimbang antara Kedua bidang diatas)

2. Cari Tahu Kursus-kursus ternama.
Biasanya disetiap kota memiliki beberapa kursus yang ternama. mereka terkenal karena layanan dan pengalaman mereka. jadikan kursus-kursus ini sebagai refrensi utama.

3. Cari kursus yang menawarkan banyak program.
Selain kelas regular biasanya kursus bahasa inggris yang bagus akan memiliki kelas di luar jam regular. kelas ini bisa berbentuk klub-klub kecil atau komunitas gabungan klub.

4. Sesuaikan dengan kontong anda
sepele tapi penting! Bahas inggris memang sangat diperlukan. tapi jangan sampai bahsa inggris membuat anda menjadi mengeluarkan banyak biaya. Ingat! banyak cara untuk belajar bahasa inggris secara gratis.

itu saja! semoga tulisan ini dapat bermanfaat!

2 komentar:

  1. lebih meyakinkan LBPP LIA deh untuk lembaga kursus bahasa inggris..
    TOEFLnya aja satu-satunya yang diwajibkan CPNS, PERTAMINA, PU, Semua perBANKan, dll.

    BalasHapus
  2. Shailendra juga bagus. rekomendasi banget buat kalian yang lagi cari-cari tempat kursus bahasa inggris denga biaya yang murah dan berkualitas baik.

    BalasHapus